Wednesday 26 February 2014

Air Panas PAWAN Rokan Hulu

Saat saya berada di Pasir Pangaraian - Rokan Hulu,Riau, Indonesia. Saya mencoba menyempatkan diri untuk berkunjung ke sebuah tempat wisata yang ada di sana. Tempat tersebut adalah sebuah tempat sumber air panas yang terletak di Desa Pawan . Masyarakat tersebut lebih sering menyebut tempat tersebut dengan nama Air Panas Pawan. Jarak yang ditempuh dari pasir pangaraian sekitar 9 KM dari Pasir Pangaraian, Kalau Menggunakan sepeda motor sekitar 20 Menit.

Harga tiket bagi pengunjung tidaklah terlalu mahal hanya Rp.5000/orang. Sumber air panas dibuat dalam bak penampungan kemudian disalurkan melalui beberapa saluran. Jika kita masuk dari depan pintu masuk maka akan terlihat dua dinding pancuran air panas yaitu pancuran air panas sebelah kiri dan kanan. kedua pancuran ini berasal dari sumber air panas yang berbeda.


Perbedaannya terletak pada sumber air  dan suhunya yang berbeda. Sumber air panas sebelah kiri lebih panas daripada sumber air panas sebelah kanan. Jika diperkirakan suhu air panas sebelah kiri sekitar 56 - 65 C (sumber : rokan.org). Sedangkan untuk sumber air panas sebelah kanan memiliki suhu yang lebih rendah dari sumber air sebelah kiri. Jika bepergian ke Rokan Hulu -Riau, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Semoga Menikmati Artikel Wisata ini. Salam Palas Solution



No comments:

Post a Comment