Tuesday 4 March 2014

BMF 8- Membuat Button dari Text Pada Flash 8

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah menggunakan button yang berasal dari library pada macromedia flash 8. sekarang kita akan mencoba membuat button sendiri yang berasal dari objek text, shape atau image. Kelebihan dari membuat button sendiri ini adalah kita dapat mendesign sesuai selera anda. Semakin bagus anda dalam mendesign maka akan lebih bagus pula hasilnya. sebelum memulai silahkan anda buka software macromedia flash 8 dan buat file baru.

Buat sebuah tulisan yang akan dibuat sebagai button , misalnya tulisannya NEXT, kemudian klik kanan dan pilih convert to symbol


Selanjutnya akan muncul jendela convert to symbol disana ada pilihan Movie Clip, Button dan Graphic, untuk membuat button pilih Button, setelah itu klik OK.

Coba tekan Ctrl + Enter untuk menjalankan file flash. Hasilnya Anda telah berhasil membuat button dari text buktinya saat dijalankan  cursor  yang didekatkan pada text NEXT akan berubah menjadi gambar tangan.


eitsss... ternyata membuat button pada flash tidak hanya sampai disitu.

kita dapat memodifikasinya menjadi lebih menarik dengan mengubah warna pada button. caranya klik dua kali pada button text NEXT, Pada timeline terlihat bentuk framenya berbeda dari frame Scene. 

terlihat framenya terdiri dari 4 bagian yaitu Up, Over, Down, dan Hit.
Up merupakan Kondisi button yang belum disentuh oleh kursor mouse
Over merupakan Perubahan kondisi button yang telah di dekati oleh mouse
Down merupakan kondisi button ketika di Klik oleh kursor Mouse
Hit merupakan Kondisi dimana button telah di lepas oleh kursor mouse

Sekarang coba klik pada bagian Over dan Klik Kanan Pilih > Insert Keyframe (F6) Kemudian Klik Text NEXT dan Pilih Warna Merah.

Kemudian Lakukan hal yang sama pada bagian Down dan Hit, hanya saja bedakan warna text NEXT nya. 




Terakhir, klik Scene 1 untuk kembali pada halaman utama kerja flash. Sekarang coba jalankan kembali dengan menekan Ctrl+Enter


Sample Tutorial Video

 

2 comments:

  1. udah diterima bang , sama google,, makin banyak aja inspirasi bang,,,

    ReplyDelete
  2. bang , bisa gak nebeng bang, promosi jasa kaca film, tapi dibagian seninya, bisa gak , kalau mau ikram krim fotonya lewat Gmail aja , bisa gak nambah" dibleger bang aja bisa gakk

    ReplyDelete